Bagi Anda yang baru saja mengenal alat uji ovulasi, mungkin masih kebingungan mengenai jenis-jenisnya. Sama seperti testpack, alat uji ovulasi atau alat deteksi ovulasi juga memiliki berbagai tipe dan tersedia dalam harga yang beragam pula.

Kali ini kita akan bahas apa jenis dari alat uji ovulasi serta keunggulan memakainya.

  1. Alat Uji Ovulasi Digital

Jenis alat tes ovulasi yang pertama adalah alat tes ovulasi digital. Keunggulan dari alat tes ini adalah mampu mendeteksi masa subur dengan lebih detail dibandingkan dengan jenis lainnya.

Kelebihan lain yang dimilikinya adalah bisa memeriksa 2 jenis hormon yaitu estrogen dan LH.

  1. Alat Uji Ovulasi Strip

Jenis alat deteksi ovulasi yang berikutnya adalah strip yang memiliki harga cukup terjangkau dibandingkan alat tes yang lain.

Karena harganya yang terjangkau itulah banyak wanita membelinya dalam jumlah banyak dan menyimpannya sebagai persediaan agar bisa melakukan tes secara rutin.

  1. Alat Uji Ovulasi Scope

Alat tes ovulasi scope merupakan alat yang memakai air liur sebagai media tesnya. Alat ini juga bisa dikatakan ramah lingkungan karena dapat dipakai beberapa kali.

Alat tes ovulasi scope hanya perlu dilap setelah digunakan sehingga cukup praktis.

Apa Keunggulan Memakai Alat Uji Ovulasi?

 Berikut ini beberapa keunggulan dari memakai alat uji ovulasi.

  • Tidak Sulit Digunakan

Keunggulan pertama dari memakai alat uji ovulasi adalah cara pemakaiannya yang mudah. Berbeda dengan alat lain yang memerlukan pengukuran suhu basal tubuh, Anda tidak perlu melakukannya jika memakai alat uji ovulasi.

  • Bisa Memprediksi Sebelum Terjadinya Ovulasi

Keunggulan lain dari memakai alat deteksi ovulasi adalah alat ini bisa memprediksi sebelum masa ovulasi terjadi.

Hal ini membedakannya dengan metode mencatat suhu basal tubuh yang tidak bisa membuat Anda tahu kapan saatnya perlu melakukan hubungan intim.

  • Dapat Dipakai Kapan Saja

Apabila alat pengukur suhu basal tubuh perlu digunakan langsung setelah bangun tidur, maka alat tes ovulasi bisa dipakai kapan saja.

Hal yang perlu diingat ketika memakainya adalah jam. Pastikan Anda menggunakannya di jam yang sama setiap harinya.

Apa Kelemahan dari Alat Uji Ovulasi?

Alat uji ovulasi memang memiliki berbagai kelebihan tetapi tidak membuatnya tanpa kekurangan. Berikut beberapa kekurangan dari alat uji ovulasi.

  • Biaya yang Membengkak

Meskipun harganya murah tetapi Anda perlu memperhatikan jumlah yang Anda beli setiap bulannya. Semakin tinggi frekuensi pemakaian maka akan semakin tinggi juga kemungkinan biaya membengkak.

  • Hasil Tesnya Sulit Dibaca

Beberapa wanita sering kesulitan membaca hasil tes dari alat uji ovulasi. Meskipun telah disediakan petunjuk terkadang hasilnya terlihat ambigu.

Itulah 3 jenis alat uji ovulasi beserta kegunaannya untuk Anda yang ingin mengetahuinya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *