Kopi merupakan sajian minuman hangat yang cocok dijadikan sebagai teman menikmati waktu santai bersama teman, sahabat maupun keluarga. Berbicara mengenai kopi, terkadang banyak orang yang kesulitan meracik kopi yang nikmat ala kafe. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena dengan mesin Espresso Astoria kini bisa menghasilkan sajian kopi nikmat dan lezat. 

Bagaimana tahapan pembuatan kopi dengan mesin espresso?

Sebelum membahas mengenai cara mudah meracik kopi espresso nikmat, Anda perlu tahu lebih dulu mengenai bagaimana tahapan pembuatan kopi itu sendiri dengan menggunakan mesin. Pada umumnya, proses / tahapan dalam membuat kopi espresso dengan mesin espresso sendiri yakni dimulai dari proses penggilingan kopi sampai menjadi halus menggunakan alat grinder.

Baru setelah itu, kopi nantinya akan dipadatkan atau dikenal dengan istilah proses tamping. Jika sudah, maka kopi yang ditampung inilah yang nantinya akan diseduh dengan menggunakan air bersuhu dan bertekanan tinggi. Sehingga, hal inilah yang akan menghasilkan ekstrak kopi kental yang dikenal istilah kopi espresso.

Cara mudah meracik kopi nikmat dengan mesin Espresso Astoria

Dalam meracik sajian kopi espresso yang nikmat menggunakan mesin espresso dari Astoria ini, Anda perlu memperhatikan beberapa tips dan trik yang dilakukan terlebih dahulu. Hal ini penting sekali dilakukan agar nantinya Anda mampu menghasilkan sajian kopi espresso bercita rasa nikmat dan lezat secara konsisten setiap waktu.

Beberapa tips cara mudah dalam meracik kopi nikmat menggunakan mesin espresso Astoria dapat Anda lakukan dengan langkah – langkah seperti berikut ini :

  • Pemilihan biji kopi

Seperti yang kita ketahui bahwa jenis biji kopi yang dipilih diklaim dapat menghasilkan sajian rasa tertentu. Maka dari itu, dengan mengetahui pemilihan kopi yang digunakan maka nantinya akan sangat berpengaruh pada roastingan kopi itu sendiri. Adapun proses roastingan kopi ini biasanya dilakukan oleh para roaster agar dapat menentukan tingkat pemanggangan biji kopi.

  • Dose / takaran kopi

Hampir sebagian besar barista merasa nyaman untuk melakukan proses dosing / penakaran kopi sesuai dengan filter basket. Meski demikian, ada juga yang melakukannya dengan menimbangnya dengan menggunakan scale pada mesin pembuat kopi espresso. Dengan adanya penakaran kopi ini, maka nantinya akan mampu menentukan rasio perbandingan kopi yang sesuai dengan keinginan.

  • Proses penggilingan kopi

Tahukah Anda, bahwa tingkat kehalusan bubuk kopi juga biasanya akan sangat berpengaruh pada kualitas kopi espresso yang dihasilkan nantinya. Apabila aliran air terlalu cepat, maka gilingan bubuk yang dihasilkan dapat dibuat lebih halus. Hal ini bertujuan untuk memperlambat proses laju air di dalam mesin espresso. 

Jadi, itulah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk meracik kopi espresso yang nikmat dan lezat dengan menggunakan mesin Espresso Astoria. Dengan alat ini, maka Anda bisa menyajikan sajian kopi nikmat dan lezat yang tak kalah dengan kafe terkenal lain di pasaran.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *