Sekarang ini, teknologi Lidar survey atau Light DetectionandRanging sudah mulai banyak dikembangkan. Output dari teknologi ini sendiri berupa data 3d berakurasi cukup tinggi serta pengambilan data lebih cepat.

Hal diatas pun menjadikan Lidar mulai banyak dipergunakan di banyak bidang, dan akhirnya membuat teknologi satu ini bisa dipakai untuk alternatif dari teknologi pemetaan terestris atau konvensional.

Komponen dari Lidar

Untuk komponen yang digunakan dari teknologi ini tentunya ada bermacam-macam. Berikut ulasannya,

  1. Laser

Komponen laser ini dikategorikan berdasarkan panjang dari gelombangnya. Pertama ada laser dengan panjang sekitar 100 sampai 1000 nm yang biasa dipakai dalam kebutuhan non scientific, laser ini mudah difokuskan dan dilihat oleh mata. Biasanya daya laser ukuran ini dibatasi dengan standar yang sudah ditentukan agar tetap aman.

Lalu ada laser dengan panjang 1550 nm. Laser ini tipe cahayanya tidak terfokus tapi lebih aman bagi mata manusia.

  1. Pemindai serta Optik

Sebuah komponen untuk mengetahui kecepatan dari pencitraan gambar yang bisa dihasilkan tergantung dengan kecepatan pindar objek dari teknologi lidar tersebut.

Ada banyak macam mode pemindaiannya, dari azimuth dan elevation, dualaxisscanner, mirrorspolygonal, dan yang lain.

  1. Receiver serta PhotoDetector

Komponen ini adalah sebuah perangkat yang membantu manusia merekam serta membaca pulsa laser yang sudah dipantulkan dari objek terukur.

Macam dari komponen Lidar survey  ini ada dua, yaitu photomultipliers serta photodioda.

  1. Sistem untuk Pemetaan serta Navigasi

Ketika sensor dari lidar sudah dipasang dalam platform yang bergerak, misalnya pesawat, kendaraan, maupun satelit, sistem tersebut akan membantu analisa kondisi awal agar bisa dijadikan posisi serta orientasi yang absolut.

Penggunaan Lidar Dalam Dunia Nyata

Di zaman seperti ini, teknologi Lidar bisa dengan mudah ditemui. Setelah mengetahui beberapa komponen yang digunakan, berikut ini ada beberapa penerapan Lidar dalam dunia nyata .

  1. Sistem Pemetaan Udara di Pemkot Surabaya

Pemerintah kota surabaya selalu menyajikan berbagai inovasi agar fotonya bisa semakin maju. Nah, sekarang ini Surabaya gelah menghadirkan sistem pemetaan kota dengan basis udara yang juga dikombinasi bersama teknologi Lidar ini

  1. Turtlebot 3

Turtlebot satu ini telah memadukan beberapa performa mini dari PC RaspberryPi, ROS, mobil robot, dan teknologi Lidar dalam salah satu platform robot, hal ini pun akhirnya tercipta model pembelajaran robotika yang lebih komprehensif.

  1. Drone

Teknologi Lidar survey ini juga bisa anda temukan di drone. Pada drone, lidar bisa memudahkan para pilot drone untuk pemetaan di berbagai media.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *