Pada saat hendak membeli genset (generator set) di tempat jual mesin genset sebagai cadangan pasokan listrik maka selain tipe atau jenis gensetnya maka perlu mengetahui juga ukuran daya genset yang diperlukan yang akan dibeli. Tiap bangunan memiliki kebutuhan daya pada ukurannya masing-masing sesuai isi berbagai peralatan elektronik yang ada dan dipergunakan di tiap bangunan tersebut. Jangan sampai salah beli genset yang terlalu kecil hingga kurang dayanya, tapi juga jangan terlalu besar sehingga menjadi boros tiap dihidupkan. Banyak yang mencari di tempat jual genset bekas namun tidak menemukan kapasitas daya genset yang tepat. Sehingga lebih baik membeli genset baru namun lebih tepat daya kapasitasnya, tidak terlalu besar atau justru terlalu kecil.

Ukuran Kapasitas Genset

Kapasitas daya genset sesuai yang tertera pada labelnya ialah dalam satuan ukur Kilovolt Ampere atau kVA. Semakin tinggi atau makin besar ukuran kapasitas daya nya maka akan makin mahal harganya. Jadi selain menentukan jenis gensetnya, yaitu mau genset open atau genset silent yang bisa dibeli di tempat jual mesin genset silent. Lalu juga dengan jenis bahan bakarnya, yakni genset solar atau genset bensin, maka perlu tahu juga ukuran daya kapasitas yang dibutuhkan. Oleh karenanya perlu untuk menghitung terlebih dahulu pasokan daya listrik yang dibutuhkan dari total seluruh peralatan listrik yang ada di bangunan tersebut. Contohnya seperti lampu, AC, kulkas, pompa air, televisi, radio, kipas angin, water heater, hair dryer, catokan rambut, alat setrika, dispenser galon air, mesin cuci, kompor listrik, microwave, rice cooker, juicer, mesin kopi, komputer, printer, mesin fotokopi, dan lain sebagainya, juga termasuk eskalator atau tangga berjalan pada suatu bangunan mall atau pusat perbelanjaan dan mesin-mesin pada bangunan pabrik dan lain sebagainya. Jika masih dalam satuan ukur watt maka perlu dilakukan konversi terlebih dahulu ke dalam satuan ukur kVA.

Rumus Konversi Ukuran Watt ke kVA

Berikut ini rumus untuk melakukan konversinya.

Kebutuhan Daya (watt) / 800 = Daya Kapasitas Genset (kVA)

Contoh, total kebutuhan pasokan daya listrik suatu bangunan adalah 800 kWatt atau 800.000 watt. Maka perlu membeli genset dalam ukuran kapasitas daya sebesar

800.000 watt / 800 = 1.000 kVA.

Rumus Mengetahui Kapasitas Daya Real Genset 

Lalu jika ingin mengetahui kapasitas daya real dari suatu genset, maka rumusnya ialah sebagai berikut.

Daya Kapasitas Genset sesuai label (kVA) x 800 = Kapasitas Real Genset (watt)

Contoh, jika label yang tertera pada suatu genset ialah 1.000 kVA maka daya kapasitas realnya adalah sebagai berikut.

1000 kVA x 800 = 800.000 watt.

Apapun jenis atau tipe gensetnya, Anda dapat membelinya di tempat jual mesin genset dan belilah dalam ukuran daya kapasitas yang tepat sesuai kebutuhannya.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *