Dalam bidang konstruksi dan bangunan ada banyak sekali jenis material bangunan yang tersedia. Apalagi di zaman sekarang ini, dimana banyak dibuat material bangunan sintetis yang menggantikan material bangunan alami, sehingga dengan demikian konstruksi bangunan bisa dibuat dengan lebih ekonomis. Salah satu jenis bahan material konstruksi bangunan yang banyak digunakan saat ini adalah besi unp. Banyak toko bangunan yang kini sudah jual besi unp

Apa Itu Besi Unp?

Bagi Anda yang belum begitu familiar dengan konstruksi bangunan maka Anda mungkin tidak mengenal tentang besi unp. Karena pada dasarnya besi yang digunakan dalam bangunan itu ada banyak macamnya, sebut saja besi beton, besi  hollow, besi cor dan salah satunya juga besi unp. Besi unp ini adalah besi yang ringan namun kokoh dan sangat awet. Maka dari itu penggunaan besi unp ini sering digunakan pada bangunan-bangunan anti gempa. 

Besi Unp ini merupakan salah satu dari jenis besi kanal. Besi kanal bisa dibagi menjadi dua jenis yaitu besi CNP dan juga besi UNP. Ada perbedaan yang mencolok untuk membedakan kedua besi kanal ini, besi CNP bentuknya melengkung seperti huruf sedangkan besi UNP ini bentuknya melengkung seperti huruf U, maka dari penampakannya saja Anda sudah bisa membedakan kedua besi kanal ini.

Penggunaan besi CNP dan besi UNP sudah sangat biasa dalam konstruksi bangunan, namun demikian meskipun keduanya dibuat dengan jenis besi baja yang sama, fungsi dan karakteristik dari kedua besi ini sangat berbeda. Misalnya saja penggunaan besi CNP justru lebih sering di bidang otomotif, digunakan sebagai rangka pada atap dan juga digunakan dalam bidang industri. Sedangkan besi UNP lebih sering digunakan dalam bidang konstruksi dan beberapa bidang lain yang berbeda dengan besi CNP. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi dari jual besi UNP akan dijelaskan selanjutnya.

Fungsi Besi UNP

Besi UNP dikenal sebagai besi yang kokoh dan kuat karena dibuat dari bahan besi baja yang sangat kuat, tak heran dalam penggunaannya di dunia konstruksi, besi UNP bahkan bisa digunakan dalam pembangunan gedung pencakar langit, selain itu juga sering digunakan pada konstruksi bagian bak mobil pick up. Dalam pembangunan besi UNP sering digunakan menjadi purlin yaitu bagian penutup pada rangka atap, kemudian digunakan juga menjadi girt atau rangka horizontal yang digunakan untuk menyangga dinding. Berdasarkan fungsinya itu maka bisa dikatakan bahwa besi UNP sangat menjadi andalan untuk menciptakan bangunan yang kokoh. Karena dengan menggunakan besi UNP memang akan menjadikan rumah atau bangunan menjadi lebih tahan gempa dan tahan angin kencang.

Untuk Anda yang membutuhkannya, biasanya semua toko bangunan pasti jual besi unp. Jadi Anda bisa membelinya di toko bangunan mana saja.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *