Penggunaan atap metal kian digemari, selain karena bobotnya yang ringan jenis atap ini juga memiliki berbagai macam varian yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bangunan salah satunya adalah atap metal pasir yang mampu meredam kebisingan dan menyejukan suhu dalam ruangan. Ini dia 7 jenis atap/genteng metal yang beredar dipasaran.

Atap Metal Galvalum Steel

Genteng ini mengandung seng dan aluminium, sehingga bobot dari genteng ini sangat ringan dan lentur. Selain itu, jenis atap ini sangat tahan akan korosi yang dapat terjadi secara alami akibat hujan maupun terik matahari. Kelebihannya adalah harga yang cenderung murah. 

Genteng Metal Pasir

Perbedaan atap metal pasir dan galvalume steel maupun atap metal lainnya terdapat pada tekstur dan lapisan pasir. Bahan dasar yang digunakan umumnya sama yakni aluminium, namun pada proses pewarnaan atap ini diberikan coating pasir yang berfungsi untuk menahan petir, meredam suara dan menahan panas.

Genteng Metal Tembaga

Jenis genteng yang satu ini memang yang paling terkenal dan merupakan genteng metal dengan harga yang paling mahal jika dibandingkan dengan varian yang lain. Genteng ini memiliki bobot yang sangat ringan sehingga lebih mudah untuk dipasang serta mengurangi tekanan pada bangunan. Hampir sama dengan atap metal pasir, jenis atap ini mampu menahan panas serta mengontrol suhu dalam ruangan.  

Atap Metal Stainless Steel

Jenis atap ini umumnya digunakan sebagai bahan ultra permanen yang digunakan sebagai pelindung bagian terluar rumah dan bangunan. Dibandingkan dengan atap metal yang lain, jenis yang satu ini memiliki bobot yang jauh lebih berat namun kekuatannya juga sudah terbukti. Oleh karena itu, jenis atap stainless steel lebih cocok untuk digunakan pada daerah dengan cuaca ekstrim.

Atap Metal Spandek

Metal spandek merupakan salah satu jenis atap metal yang diminati saat ini, atap ini dilapisi cairan anti karat serta memiliki garansi ketahanan warna selama 5 tahun. Harganya juga terjangkau, dan beberapa produsen telah melapisi bahan atap ini dengan silikon untuk menambah kelenturan.

Genteng Standing Seam

Atap standing seam lebih sering digunakan untuk bangunan komersial karena tampilannya yang estetik. Beberapa tahun terakhir, popularitas genteng ini semakin meningkat karena tampilannya yang rapi dimana terdapat satu garis lurus sehingga memberikan kesan kontemporer.

Itu dia 6 atap metal dari atap metal pasir, spandek, hingga standing seam. Semua jenis tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, pastikan bahwa jenis yang dipilih sesuai dengan kondisi bangunan.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *