Pipa besi merupakan material yang terbuat dari besi dan karbon atau disebut logam campuran. Pipa besi ini banyak dibutuhkan dalam bidang konstruksi bahkan manufaktur, dikarenakan ketahanan dan kekuatan dari besi tersebut dapat digunakan sebagai saluran air dan gas ke perumahan ataupun gedung-gedung untuk membantu menyuplai air bersih. Sedangkan di bidang konstruksi pipa besi ini sering dijadikan komponen untuk struktur penyangga. Berikut ini mengenal pipa sch 40 serta kegunaannya. 

  1. Pengertian pipa sch 40 

Pipa sch ini merupakan singkatan  dari schedule yang sering dipakai untuk istilah ketebalan pipa. Pipa sch ini memiliki 2 jenis yakni pipa schedule 40 dan pipa schedule 80. Keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Seperti dari tekanan udara pipa schedule 40 mempunyai tekanan yang cukup rendah dibanding pipa schedule 80 yang tidak mudah mengalami korosi dan tahan dengan tekanan yang tinggi. Ukuran dari keduanya pun juga berbeda pipa schedule 40 memiliki tebal yang tipis dibanding pipa schedule 80 yang ketebalannya maksimal. Pipa sch 40 memiliki 2 jenis yakni pipa tanpa sambungan dan pipa UOE. Pipa tanpa sambungan merupakan jenis pipa yang tidak memiliki sambungan sama sekali dikarenakan pipa ini terbuat dari silinder baja yang pejal dengan rongga di tengah. Proses pelubangan pada pipa hingga berongga dilakukan pada saat baja hampir saja dalam kondisi meleleh. Sedangkan pipa sch UOE merupakan pipa yang terbuat dari plat baja yang kemudian dibentuk lengkung dengan menggunakan mesin rol pembentuk hingga terbentuk pipa batang. Sedangkan untuk pipa sch 80 ini tidak memiliki sambungan, proses dalam pembentukan 2 jenis pipa ini serupa dengan pipa schedule 40.

  1. Kegunaan pipa sch 40

Pipa sch 40 ini biasanya dipakai untuk mengalirkan udara dengan ukuran maksimal 40 bar yang bertujuan untuk sistem hidran agar dapat beroperasi dengan maksimal sesuai prosedur. Pipa schedule ini memang banyak dibutuhkan untuk gedung dan industri untuk mengaplikasikan industri kimia. Selain itu, dibutuhkan juga sebagai cairan bahan bakar, cairan limbah, cairan air bersih dan cairan produk. Pipa schedule inilah yang bertugas untuk mengatur tekanan pada pendistribusian air seperti air untuk kebutuhan kamar mandi dan air buangan agar tidak terjadi masalah dan menghambat aliran air sehingga terjadi penyumbatan. 

 Sedangkan pipa sch 80 ini diperuntukkan untuk berbagai macam jenis konstruksi dan industri, membantu memperlancar proyek konstruksi seperti mengalirkan beragam jenis fluida, tiang, rangka, dan masih banyak lagi dengan ukuran maksimal 80 bar.

Itulah tadi informasi berkaitan dengan pipa schedule dengan mengenal jenis dan kegunaannya Anda bisa mendapatkan pengetahuan yang baru. Selain itu, memudahkan Anda dalam membangun rumah ataupun menangani proyek-proyek yang Anda jalani yang membutuhkan material pipa schedule.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *