Bagi Anda yang memiliki tabungan di bank atau memiliki lebih dari satu rekening tabungan sebagai dana simpanan untuk perencanaan masa depan, maka deposito berjangka dapat menjadi salah satu investasi yang wajib dicoba. Saat ini ada banyak pilihan investasi yang dapat membantu perencanaan keuangan Anda di masa depan.

Pengertian

Namun deposito menjadi pilihan investasi yang paling aman dan memiliki resiko yang rendah, khususnya untuk perencanaan kondisi finansial jangka panjang. Pengertian deposito berjangka itu sendiri adalah simpanan dana yang dapat ditarik kembali setelah mencapai batas waktu tertentu sesuai kesepakatan nasabah dengan bank,

Jangka Waktu

Deposito berjangka hadir dengan jangka waktu yang berbeda-beda mulai dari 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 18 bulan, dan 24 bulan. Nantinya, nasabah hanya diijinkan mencairkan dana yang disimpan di deposito sesuai jangka waktu yang telah disepakati.

Pengelolaan Deposito

Untuk memudahkan para nasabah, bank biasanya akan menawarkan beberapa sistem pengelolaan deposito yaitu non automatic roll over dan automatic roll over. Masing-masing sistem menawarkan kelebihan masing-masing.

Jika Anda memilih Automatic Roll Over, maka deposito tersebut secara otomatis akan diperpanjang jangka waktunya oleh bank jika jangka waktu deposito sudah jatuh tempo. Tetapi jika Anda memilih non automatic roll over, maka deposito tersebut tidak akan secara otomatis diperpanjang oleh pihak bank.

Manfaat Memiliki Deposito Berjangka

Sebagai nasabah suatu bank, Anda tentu tidak akan menginvestasikan dana tanpa mengetahui apa itu deposito berjangka dan berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari jenis investasi deposito ini. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

  • Investasi Aman

Salah satu alasan utama orang memilih deposito adalah karena pertimbangan faktor resiko yang rendah. Ini adalah salah satu bentuk instrumen investasi yang memiliki tingkat resiko paling rendah daripada produk instrumen investasi lainnya.

Tingkat resiko tersebut baru mungkin ketika terjadi masalah politik negara atau krisis ekonomi yang parah. Selain itu nilai deposito juga sangat sedikit terpengaruh oleh fluktuasi kondisi pasar uang dan pasar modal.

  • Manfaat Suku Bunga

Deposito juga diminati karena memiliki suku bunga yang lebih kompetitif daripada suku bunga tabungan. Deposito dapat memberikan suku bunga hingga 3 kali lipat daripada suku bunga tabungan. Bunga deposito berjangka tersebut tentunya dapat dimanfaatkan untuk menambah tabungan Anda atau untuk keperluan lainnya.

  • Keamanan Terjamin

Ini juga menjadi salah satu faktor utama mengapa investasi ini banyak diminati yaitu memberikan rasa aman pada masyarakat, khususnya nasabah bank. Uang yang disimpan dalam bentuk deposito akan dijamin negara melalui LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) dengan jaminan dana hingga 2 milyar. Dengan demikian, menyimpan investasi berupa deposito sangat aman dan cocok bagi investor pemula.

Demikian beberapa pengertian dan manfaat dari deposito berjangka. Semoga dengan semakin memahami jenis investasi ini, Anda semakin yakin untuk memilihnya.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *