Cara memasak kue sekarang ini semakin maju dengan alat pemanggang yang lebih modern. Jika jaman dahulu alat pemanggang kue menggunakan manual oven dengan bantuan kompor minyak atau gas, tetapi sekarang menggunakan convection oven electric.

Berikut bagian dan fungsi convection oven electric yang bisa Anda ketahui: 

  • Elemen Pemanas 

Berada di bagian atas dalam dan bawah dalam dengan kegunaan mengubah energi listrik ke bentuk energi panas. Bagian elemen panas nantinya dibuat untuk memanggang kue basah hingga menjadi kering. Bagian ini bisa dibersihkan menggunakan lap basah setelah selesai digunakan.

  • Penyangga Rak 

Merupakan rak berbentuk lempengan bulat yang berjajar dipakai untuk dudukan wadah pemanggang. Ukurannya sama sudah distandarkan dengan lempengan wadah kuenya agar sesuai dengan tempatnya. Rak penyangga tersebut ada 2 bagian dalam sehingga jika Anda memanggang kue basah bisa muat banyak kue. 

Bagian ini harus sering dibersihkan agar tidak rusak karena bagian yang paling sering bersinggungan. 

  • Pengatur Elemen Pemanas

Merupakan tombol sebelah kanan bulat yang berguna sebagai pengatur elemen pemanas. Tombol ini bisa digunakan sebagai tombol pengatur panas area bawah saja atau atas saja.

Untuk memutar tombol ini, Anda sebaiknya pelan agar tidak cepat rusak. 

  • Lampu Indikator

Berada di bawah pengatur elemen pemanas yang akan hidup jika mesin oven dinyalakan. Apabila mesin mati maka lampunya juga akan off. 

  • Pengatur Suhu 

Berada di bagian bawah lampu indikator yang tugasnya mengatur suhu yang akan disetel. Sebagai contoh, Anda akan memanggang kue dengan suhu 80 derajat selama 30 menit maka Anda harus mengatur tombol tersebut. Jika ingin menaikkan suhu maka tinggal putar ke atas hingga garis tertentu maka jika turun maka suhu diturunkan.

  • Pengatur Waktu 

Berguna sebagai pengaturan waktu selama proses pemanggangan.

  • Steker 

Berguna untuk menghubungkan kotak oven dengan sumber listrik.

  • Rak Pemanggang 

Berguna untuk wadah atau loyang pemanggang. 

  • Pintu Oven 

Berguna untuk sirkulasi kotak oven ketika masuk atau keluar kue. 

  • Gagang Pintu 

Berguna untuk pegangan membuka dan atau menutup pintu oven.

  • Nampan Pemanggang

Berguna untuk tempat kue atau bahan yang dipanggang, loyang yang baik tidak akan gosong.  

Cara kerja convection oven electric secara umum sama dengan oven manual hanya saja lebih praktis dan karena beberapa telah diatur dengan tombol otomatisasi dan listrik. Sehingga Anda lebih mudah mengawasi kue agar tidak gosong. Ketika suhu sudah sesuai keinginan maka lampu indikator akan mati dan mesin oven akan menurunkan daya suhu panasnya. Keuntungan memakai convection oven electric lebih bisa disambi daripada menggunakan oven manual yang panasnya tidak bisa diatur. 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *