Saat ini, Anda dapat menemui produsen baja ringan dimana-mana, entah secara online ataupun offline. Namun, biasanya setiap produsen menghasilkan baja ringan dengan kualitas berbeda-beda. Memilih baja ringan yang berkualitas sangatlah penting, pasalnya sangat mempengaruhi ketahanannya. Jika, baja ringan memiliki kualitas yang buruk, maka dapat menyebabkan cepat karatan, kerangka roboh, dan lain sebagainya.

Agar Anda tidak salah memilih baja ringan, berikut kami rangkumkan cara mendapatkan baja berkualitas di produsen baja ringan. Simak ulasannya di bawah ini. 

  1. Memenuhi Standar Nasional Indonesia

Mendapatkan baja ringan yang berkualitas tentunya harus sesuai dan memenuhi Standar Nasional Indonesia atau SNI. Produsen baja ringan di Indonesia yang produknya telah ber-SNI artinya telah memiliki massa lapisan yang tahan akan karat.  Selain itu, Anda juga perlu untuk memastikan ketebalan pada baja ringan yang telah ber-SNI. 

  1. Menyesuaikan Kebutuhan 

Memilih baja ringan sangat penting untuk disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya dalam pembuatan kanopi, maka sebaiknya Anda memilih baja yang telah sesuai dengan standar G550. Standar ini mengartikan bahwa baja ringan mempunyai tegangan tarik dengan minimal 550 Mpa. Oleh karena itu, pemilihan baja yang sesuai dengan kebutuhan sangat memiliki pengaruh yang besar dalam menopang beban, dengan begitu baja akan kokoh dan awet.

  1. Memiliki Garansi

Cara mendapatkan baja ringan berkualitas di produsen baja ringan selanjutnya ialah memilih produsen yang memberikan garansi. Garansi tersebut dapat berguna bagi Anda untuk terhindar dari berbagai kerugian apabila baja ringan yang telah Anda beli mengalami kerusakan atau kejadian yang tidak diinginkan lainnya. 

Namun, umumnya dalam mengajukan garansi, terdapat beberapa syarat yang perlu untuk Anda penuhi. Oleh sebab itu, pastikan Anda telah melengkapi syarat-syarat yang berlaku. 

  1. Massa Lapisan yang Tahan Karat

Massa lapisan pada baja ringan juga penting untuk Anda perhatikan apakah tahan karat atau tidak. Dalam memilih baja ringan, sebaiknya Anda menjatuhkan pilihan pada baja yang memiliki lapisan kandungan Aluminium Zinc. Pasalnya, semakin tebal kandungan Aluminium Zinc pada baja ringan, maka ketahanannya pada karat akan lebih bertahan lama. 

Namun, penyebab massa lapisan baja ringan mudah berkarat selain kandungannya juga terdapat faktor lain, seperti lokasi dari penempatan baja ringan yang memiliki korosi tinggi. Hal tersebut dapat menyebabkan baja ringan akan berkurang akan ketahanannya terhadap karat. 

  1. Menyesuaikan Budget

Budget menjadi salah satu persoalan yang sangat penting dalam cara memilih baja ringan di produsen baja ringan. Anda perlu menyiapkan budget untuk mendapatkan baja yang berkualitas atau menetapkan budget untuk mendapatkan kualitas yang sesuai. Agar Anda dapat mengetahui harga yang tepat, lakukan survei untuk melihat harga pasarannya. 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *