Saat ini, sebagian banyak orang sangat menyukai berbelanja online dengan menggunakan e-commerce, ini karena menggunakan e-commerce sangat mudah dan nyaman, hanya dengan bermodal smartphone dan aplikasi e-commerce, semua orang sudah bisa mendapatkan barang kebutuhannya. Untuk memudahkan pengiriman barang kepada pelanggan, ada jasa logistik e-commerce agar pengiriman barang menjadi cepat.

Pengertian E-Commerce Logistic

E-commerce logistik atau biasa juga disebut dengan nama e-logistic, merupakan sebuah proses yang digunakan oleh merk e-commerce untuk mendapatkan pesanan dari pintu sampai dengan ke tangan pembeli/ pelanggan. Kemudian, setelah pembeli melakukan pembelian atau transaksi secara online, pesanan akan langsung dikemas, dikirim, lalu diantarkan, dan pada beberapa kasus ada juga barang yang dikembalikan.

Namun, proses ini tidak sama antar semua perusahaan, dan walaupun berbeda antar tiap perusahaan tetapi jasa e-commerce logistic dari toko online mencakup beberapa komponen tersendiri. Sebab, e-commerce logistik sendiri adalah proses multi-step yang kompleks, di mana setiap komponennya bergantung pada satu sama lain, dan brand e-commerce harus memastikan bahwa komponen tersebut dapat berjalan dengan lancar untuk mendapatkan pesanan online ke pelanggan dengan cepat dan efisien.

Isu Terkini yang Dibutuhkan Untuk Mengelola E-Commerce Logistic

Dalam menyelenggarakan e-commerce yang banyak tuntutan kebutuhan dalam mengelola barang, diperlukan sistem manajemen logistik dan supply chain yang bagus, oleh karena itu ada isu-isu terkini di dalam sistem manajemen logistik serta supply chain yang digunakan untuk mengelola jasa logistik e-commerce, yaitu:

Warehousing dan Peralatan Penanganan Material

Dengan terus berkembangnya e-commerce, jadi ada banyak variasi barang, baik itu dari jenis atau stock keeping unitnya, atau dari volume maupun ukuran barang, yang pastinya memerlukan pengelolaan gudang dengan penanganan material yang berkualitas, di mana dapat dilihat pada aspek pengelolaan order processing, inventory management, dan distribusinya.

Keamanan Transportasi

Transportasi memang menjadi salah satu pilar penting dalam sistem managemen logistik terutama jasa e-commerce logistic dan supply chain, oleh karena itu ada banyak tantangan yang dihadapi oleh keamanan transportasi. Di mana tantangannya tidak hanya pada kecepatan dalam mendistribusikan barang pelanggan saja, namun juga hal yang paling mendasar yaitu pemenuhan aspek keamanan transportasi itu sendiri.

Keamanan transportasi ini meliputi keamanan kiriman dan juga keamanan dari moda transportasi yang digunakan.

Cross-border e-commerce

Pada dasarnya tidak ada hambatan terlalu signifikan dalam jual-beli di e-commerce, terutama dalam hal lintas batas negara, sebab arus pengiriman barang juga sudah bisa melewati batas negara manapun.

Green Logistics

Logistik turut berkontribusi dalam keberlangsungan lingkungan, di mana aktivitasnya melibatkan transportasi yang bisa saja menjadi penyumbang polusi udara bagi lingkungan. Oleh karena itu, manajer perusahaan perlu mempertimbangkan emisi CO2 dalam jasa logistik e-commerce.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *