Apa itu sistem ERP Ecommerce?  ERP adalah sebuah perangkat lunak yang berguna untuk memudahkan bisnis industri dalam perusahaan.  Hal ini karena sistem tersebut sudah terintegrasi dan terpadu.  Sistem ERP ecommerce itu sangat penting bagi perusahaan untuk mempermudah pendataannya.  Ini 3 peran penting ERP.

Digunakan Sebagai Sistem Manajemen HR

Pada dasarnya perusahaan-perusahaan besar pastinya memiliki banyak unit kerja yang mengatur  aktivitas bisnis. Hal ini membuat jumlah karyawan yang dimiliki juga semakin meningkat. Jika sebuah perusahaan besar masih menggunakan distribusi gaji maupun insentif secara manual pasti akan mempersulit aktivitas dari HR. Tidak hanya itu HR akan merasa kesulitan untuk memantau kinerja dari karyawan tersebut.

Dengan penggunaan sistem ERP ini akan mempermudah kinerja dari HR, sebab dalam sistem ini ada  informasi mengenai identitas karyawan. Tidak hanya itu, ada besaran gaji, absensi, pengelolaan cuti, dan hal lain yang menyangkut aktivitas dari karyawan tersebut. 

Digunakan Sebagai Sistem Untuk Menganalisis Pelanggan

Seluruh sistem ERP ini pasti memiliki modul CRM yang nantinya akan digunakan untuk merekam segala aktivitas yang dilakukan oleh pelanggan. Baik dari pesanan, pengiriman, dan hal lainnya yang dibutuhkan.  Data-data yang muncul akan membantu perusahaan untuk menganalisa atau menganalisis perilaku dari pelanggan tersebut. 

Nah, hal yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk memuaskan hati para pelanggan mereka dengan cara memberikan produk yang memiliki kualitas yang tinggi. Untungnya sistem ERP e-commerce ini bisa melakukan standarisasi dan juga otomatisasi saat proses produksi.  Adanya standarisasi ini akan meningkatkan produktivitas  perusahaan,menghemat biaya, dan juga mempersingkat waktu. 

Digunakan Sebagai Sistem Untuk Mengelola Pesanan dan Stok

Jika sistem yang digunakan memiliki pusat yang sama, maka perusahaan akan lebih mudah untuk melakukan pengelolaan stok, pesanan, produksi barang, dan terakhir adalah melakukan distribusi.  Itulah mengapa  ERP harus digunakan pada sebuah perusahaan ataupun bisnis apapun. 

Adanya ERP ini  akan menghindarkan perusahaan dari keterlambatan barang. Tidak hanya itu stok barang akan ada terus-menerus, sehingga kebutuhan konsumen akan barang tersebut tetap terpenuhi. 

Selain itu ERP juga bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan pemasok barang. Hal ini karena sistem tersebut mengizinkan perusahaan untuk mengontrol besaran pengeluaran yang dilakukan.  Cara ini akan meningkatkan citra perusahaan baik dimata karyawan, pelanggan, dan mitra kerja mereka. 

Dari beberapa peran penting mengenai sistem ERP ecommerce ini, bisa disimpulkan bahwa ERP sendiri harus digunakan oleh perusahaan untuk mengatur mobilitas bisnis anda. Penerapan ERP bisa sangat menguntungkan karena meningkatnya produktivitas dari perusahaan tersebut. Sayangnya, penggunaan sistem ini bisa menelan biaya yang cukup banyak. Bila tidak digunakan secara maksimal, perusahaan bisa saja merugi. Lebih baik anda mempertimbangkan penerapan sistem ini  di awal pembangunan sebuah perusahaan. 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *