Sekolah integrasi adalah sekolah bagi anak berkebutuhan khusus atau ABK, yang disatukan dengan anak normal lainnya. Tentunya akan ada perlakuan yang berbeda bagi tiap anak sesuai kebutuhannya, baik anak ABK maupun anak normal lainnya. Dalam hal ini terapi penyembuhan bagi ABK tentu akan cepat tercapai. Berikut paparan lengkapnya untuk smp favorit balikpapan:

  • Pencapaian yang didapat dari sekolah integrasi

Ada banyak hal yang didapat oleh peserta didik dari sekolah ini. Diantaranya anak dapat saling mempelajari perilaku dan sikap serta kemampuan antara anak ABK dan anak normal. Mereka akan dapat menyesuaikan diri dan belajar memahami perilaku diantara mereka. Pembauran ini menjadikan anak saling mengidentifikasi kekurangan diantara mereka dan akan berusaha menutupinya dan berusaha memperbaiki kekurangan tersebut.

Hal ini terjadi karena dengan sendirinya anak akan termotivasi untuk memahami anak lainnya, agar interaksi antar mereka dapat terjadi secara dua arah. Dengan begitu akan muncul kepercayaan diri bagi anak ABK karena dapat diterima oleh anak normal serta sebaliknya, anak normal juga merasa dapat menyesuaikan diri dengan ABK. Kemampuan yang tak dimiliki oleh anak normal lainnya jika mereka hanya berinteraksi dengan sesama anak normal saja.

  • Program pendidikan sekolah integrasi

Diantara program yang dijalankan dari sekolah ini adalah integrasi fisik yaitu ABK akan diperlakukan secara lebih khusus dengan lokasi yang berada pada wilayah yang sama dengan anak pada sekolah umum. Meski mereka berada pada lokasi yang sama namun tetap dengan program dan kurikulum yang berbeda.

Dengan begitu interaksi yang terjadi antara anak ABK dan anak normal, tidak diatur secara khusus namun terjadi dengan sendirinya dengan metode ini.

Selanjutnya terdapat program integrasi sosial dimana pada beberapa hal, ABK akan dilibatkan. Seperti olahraga, rekreasi, makan, bermain dan lainnya. Menimbang bahwa ABK memiliki keterbatasan maka tidak selamanya kegiatan sosial ini akan melibatkan ABK, namun juga memperhatikan urgensinya. Pembauran integrasi sosial ini memungkinkan kurikulum yang digunakan untuk sekolah umum smp favorit balikpapan dan kurikulum bagi ABK dapat dipadukan atau diterapkan sebagian. Mengingat kegiatan sosial tidak selamanya dapat diterapkan bagi ABK. Maka terkadang interaksi ini juga disebut integrasi sebagian.

Sekolah integrasi juga menerapkan integrasi fungsional yang dalam aktivitasnya seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan secara bersama-sama. Dalam proses belajar dan mengajar para siswa ABK diarahkan sesuai dengan kebutuhannya seperti bimbingan menulis huruf Braille, komunikasi menggunakan bahasa isyarat, hingga fisioterapi. Sekolah smp favorit balikpapan yang menerapkan integrasi fungsional dituntut untuk dapat memperhatikan dan melayani setiap anak baik itu anak normal maupun ABK. Karena dalam setiap kegiatan para anak didik akan sama-sama mendapatkan pelajaran dan bimbingan dari guru tanpa merasa terabaikan.

Setiap anak adalah anugerah dari Tuhan, dan masing-masing mereka berhak mendapatkan pendidikan yang layak sesuai dengan kebutuhannya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *